Farnida Malahayati

This blog is containing about all myduties of management

Ilmu Alamiah Dasar “Pengamatan dan Percobaan” October 13, 2012

Filed under: Uncategorized — FarnidaMalahayati @ 3:57 am

KATA PENGANTAR
Dengan mengucap puji syukur dan terima kasih kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya juga memberikan kesehatan, pikiran serta ketabahan di dalam meyusun tugas makalah ilmu alamiah dasar ini.
Di dalam menyusun makalah ilmu alamiah dasar ini, kami sering mengalami kesulitan, namun berkat bantuan dan dukungan dari semua pihak, segala kesulitan itu dapat teratasi. Oleh karena itu, kami juga ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan penyusunan makalah ilmu alamiah dasar ini baik bantuan yang berupa dorongan, semangat, maupun bimbingan sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
Pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. Bertha Yonata, S.Pd., M.Pd. selaku Dosen mata kuliah “Ilmu Alamiah Dasar”
2. Teman-teman Mahasiswa yang telah memberikan masukan dalam pengerjaan makalah ilmu alamiah dasar ini.
3. Semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam proses penyelesaian penyusunan makalah ilmu alamiah dasar ini.
Akhirnya dengan segala kerendahan hati, kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ilmu alamiah dasar ini. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak, demi tercapainya kesempurnaan pada makalah ini. Serta kami berharap semoga dengan terselesaikannya makalah ini dapat memberikan manfaat.

Surabaya, 4 Maret 2012

Penyusun

“Percobaan dan Penelitian Terhadap Karet Yang Dimasukkan di Dalam Minyak Tanah”

A. Pengamatan Atau Observasi
1. Deskripsi Kualitatif : Bendanya bersifat elastis, ada yang berwarna merah hijau oranye dan lain-lain, rasanya pahit, tidak berbau, dan tekstur bendanya halus.
2. Deskripsi Kuantitatif : Ukuran panjang karet awal 15cm dan minyak tanah sebanyak 140ml (seukuran minuman gelas kemasan).
B. Kajiam Pustaka
Minyak bumi adalah campuran komplek hidrokarbon plus senyawaan organik dari Sulfur, Oksigen, Nitrogen dan senyawa – senyawa yang mengandung konstituen logam terutama Nikel, Besi dan Tembaga. Minyak bumi sendiri bukan merupakan bahan yang uniform, melainkan berkomposisi yang sangat bervariasi, tergantung pada lokasi, umur lapangan minyak dan juga kedalaman sumur. Dalam minyak bumi parafinik ringan mengandung hidrokarbon tidak kurang dari 97 % sedangkan dalam jenis asphaltik berat paling rendah 50 %.
Perbandingan unsur – unsur yang terdapat dalam minyak bumi sangat bervariasi. Berdasarkan atas hasil analisa, diperoleh data sebagai berikut :
• Karbon : 83,0 – 87,0 %
• Hidrogen : 10,0 – 14,0 %
• Nitrogen : 0,1 – 2,0 %
• Oksigen : 0,05 – 1,5 %
• Sulfur : 0,05 – 6,0 %
C. Rumusan Masalah dan Rumusan Hipotesis
1. Rumusan Masalah :
Bagaimana pengaruh minyak tanah terhadap perubahan ukuran panjang karet jika dimasukkan di dalam minyak tanah ?

2. Rumusan Hipotesis :
Terdapat pengaruh perubahan ukuran karet yang semakin panjang jika dimasukkan di dalam minyak tanah, semakin lama waktu yang diperlukan untuk merendam.

D. Percobaan Atau Eksperimen
1. Variabel manipulasi (VM) : Ukuran panjang karet
2. Variabel respon (VR) : Waktu yang diperlukan untuk merendam
3. Variabel kontrol→ Eksperimen dilakukan dengan prosedur seperti berikut ini :
Sebuah karet yang awalnya mempunyai panjang 15cm dimasukkan ke dalam minyak tanah sebanyak 140ml (seukuran minuman gelas kemasan). Karet dimasukkan dimulai pada pagi hari, tepatnya jam 8.00. Pada keesokan harinya jam 8.00 pagi karet mengalami perubahan ukuran panjangnya, yaitu menjadi 25cm.
Variabel yang dikontrol dalam eksperimen di atas :
a) Ukuran panjang karet (perubahan panjang karet)
b) Jenis karet (bahannya)
c) Waktu perendaman (lamanya)
d) Banyaknya minyak tanah (volumenya)
E. Merumuskan Definisi Operasional Variabel
1. Definisi operasional variabel manipulasi :
Ukuran panjang karet merupakan variabel manipulasi. Ukuran panjang karet didefinisikan sebagai ukuran panjangnya karet yang berubah karena unsur-unsur yang terkandung dalam minyak tanah. Ukuran panjang karet dapat berubah menjadi lebih panjang setelah karet direndam di dalam minyak tanah selama sehari.
2. Definisi operasional variabel respon :
Waktu yang diperlukan untuk merendam merupakan variabel respon. Waktu yang diperlukan didefinisikan sebagai lama waktu perendaman karet di dalam minyak tanah selama sehari.

F. Merencanakan dan Melaksanakan Eksperimen
Berikut ini adalah rumusan hipotesis yang harus dibuat rancangan eksperimennya untuk menguji hipotesi berikut. Hipotesis : “Terdapat pengaruh perubahan ukuran karet yang semakin panjang jika dimasukkan di dalam minyak tanah, semakin lama waktu yang diperlukan untuk merendam.”
1. Definisi operasional variabel manipulasi (ukuran panjang karet) : Ukuran panjang karet merupakan variabel manipulasi. Ukuran panjang karet didefinisikan sebagai ukuran panjangnya karet yang berubah karena unsure-unsur yang terkandung dalam minyak tanah. Ukuran panjang karet dapat berubah menjadi lebih panjang setelah karet direndam di dalam minyak tanah selama sehari.
2. Definisi operasional variabel respon (waktu yang diperlukan untuk merendam) : Waktu yang diperlukan untuk merendam merupakan variabel respon. Waktu yang diperlukan didefinisikan sebagai lama waktu perendaman karet di dalam minyak tanah selama sehari.
3. Pengontrolan variabel : Pengontrolan variabel dilakukan dengan menggunakan panjang karet yang sama (perubahan ukuran panjang karet); Jenis karet yang sama (bahannya dan unsurnya); Waktu perendaman yang sama (lamanya perendaman yang dibutuhkan hanya sehari); dan banyaknya minyak tanah yang sama (volumenya sebanyak 140ml).

G. Penarikan Kesimpulan
Dari pengamatan dan percobaan yang sudah dilakukan, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa jika sebuah karet yang awalnya mempunyai ukuran panjang 15cm dan kemudian direndam di dalam minyak tanah dalam waktu 1×24 jam maka akan mengalami perubahan ukuran yang semakin panjang, yaitu menjadi 25cm, yang berarti ukuran panjang karet bertambah panjang 10cm. Namun dalam hal ini karet tidak mengalami perubahan dalam segi warna, rasa, maupun teksturnya.

DAFTAR PUSTAKA

1. Tim FMIPA – UNESA, SAINS DASAR, Unesa University Press, Surabaya, 2007.
2. http://persembahanku.wordpress.com/2006/09/03/komposisi-minyak-bumi.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s