Farnida Malahayati

This blog is containing about all myduties of management

B.Indonesia”Artikel” November 23, 2012

Filed under: Uncategorized — FarnidaMalahayati @ 3:48 pm

Teknologi Informasi Bagi Dunia Pendidikan

Indonesia sebagai Negara berkembang semakin dituntut untuk mengikuti arus globalisasi dunia. Manusia dihadapkan dengan berbagai fasilitas dunia menuju kemakmuran. Salah satunya adalah perkembangan teknologi yang semakin mudah dijumpai. Berbagai fasilitas, kualitas dan manfaat yang ditawarkan oleh teknologi informasi, yaitu memudahkan hidup manusia dalam mengakses berbagai informasi. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Kita ambil contoh saja internet. Dalam kurun waktu yang amat cepat beberapa dasawarsa terakhir telah terjadi revolusi internet di berbagai negara serta penggunaannya dalam berbagai bidang kehidupan. Keberadaan internet pada masa kini sudah merupakan satu kebutuhan pokok manusia modern dalam menghadapi berbagai tantangan perkembangan global. Kondisi ini sudah tentu akan memberikan dampak terhadap corak dan pola-pola kehidupan umat manusia secara keseluruhan. Dalam kaitan ini, setiap orang atau bangsa yang ingin lestari dalam menghadapi tantangan global, perlu meningkatkan kualitas dirinya untuk beradaptasi dengan tuntutan yang berkembang. Semua informasi di input kedalamnya. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena
dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Jika dilihat pada saat sekarang ini perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang.

Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.

Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).

Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya. Informasi melalui media internet, bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan di Indonesia mempunyai standar yang sama dengan negara lain. Dengan menggunakan media internet, pemerintah dan institusi pendidikan sudah mulai menerapkan pola belajar yang cukup efektif untuk diterapkan bagi masyarakat yang memiliki kendala dengan jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi terutama informasi dalam dunia pendidikan. Jika kita bercermin ke negara lain, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia bisa dibilang cukup tertinggal. Peran pemerintah sangat diharapkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Pemerintah diharapkan dapat menyamaratakan perkembangan teknologi informasi disemua daerah di negara ini. Pemerintah diharapkan dapat membantu daerah-daerah yang penyampaian proses informasinya masih minim dan tidak hanya fokus pada daerah atau kota-kota besar saja seperti yang terjadi pada saat sekarang ini, karena pada kenyataannya peran daerah dalam mendukung perkembangan teknologi informasi dan perkembangan pendidikan di Indonesia sangatlah penting. Dengan belum meratanya penyebaran teknologi informasi akan berpengaruh terhadap proses perkembangan pendidikan. Hal ini dikarenakan peran teknologi informasi di dunia pendidikan sangatlah penting. Dengan adanya teknologi informasi segala macam ilmu pengetahuan dan informasi dapat diterima dan didapatkan dengan mudah dan cepat. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan komunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.

http://tikapranandasari.blogspot.com/2012/01/dampak-teknologi-informasi-bagi-dunia.html

JAWABAN

1). Ringkasan

Artikel ini berisi tentang manfaat dan dampak negatif dari adanya teknologi informasi bagi pendidikan. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan para pelajar untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, kapan saja, dan dari siapa saja, sehingga bisa mengefektifkan waktu. Terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diterapkannya teknologi terhadap sistem pembelajaran di Indonesia, sehingga pendidikan di Indonesia memiliki standart yang sama dengan negara lain.

Manfaat dengan adanya teknologi informasi bagi pendidikan yaitu penerapan pola belajar yang cukup efektif oleh pemerintah dengan media internet, untuk diterapkan bagi masyarakat yang memiliki kendala dengan jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi terutama informasi dalam dunia pendidikan, semakin berkembangnya metode dan sistem pembelajaran serta berbagai inovasi e-learning yang semakin memudahkan dalam proses pendidikan.

Selain memiliki manfaat teknologi informasi juga memiliki dampak negatif yaitu mudahnya materi pornografi dan budaya asing diakses oleh para pelajar. Sehingga pemerintah harus ikut campur dalam memfilter berbagai pengaruh buruk dari adanya teknologi.
Dukungan pemerintah juga dibutuhkan dalam mengembangkan fasilitas teknologi yang telah dirintis agar dalam penggunaannya dapat makin dioptimalkan bagi kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

2). Artikel ini termasuk dalam artikel populer, karena artikel ini menggunakan bahasa yang populer dan mudah dimengerti, sasaran pembaca artikel ini tidak dibatasi oleh usia dan bidang ilmu atau keahlian, dapat dipelajari oleh siapa saja (masyarakat umum) dengan mudah.
3). Maksud dan tujuan penulis dalam wacana diatas adalah ingin memberikan informasi dan pengetahuan kepada pembaca tentang dampak dan manfaat terhadap adanya teknologi bagi pendidikan.

4). Topik utama wacana diatas adalah dampak negatif dan positif adanya teknologi bagi pendidikan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s