Farnida Malahayati

This blog is containing about all myduties of management

Bahasa Indonesia” Kasus ejaan” November 23, 2012

Filed under: Uncategorized — FarnidaMalahayati @ 3:52 pm

Kasus ejaan

1). Target keuntungan Samsung tahun ini mencapai Rp 239 triliun (US$ 25 miliar). Tapi Samsung juga harus bersiap-siap untuk membuang sekitar Rp 10 triliun (US$ 1 miliar) kepada Apple.

perbaikan
Penggunaan kata ” Rp 239, US$ 25, Rp 10, dan US$ 1” seharusnya tanpa spasi
=> Target keuntungan Samsung tahun ini mencapai Rp239 triliun (US$25 miliar). Tapi Samsung juga harus bersiap-siap untuk membuang sekitar Rp10 triliun (US$1 miliar) kepada Apple.
Yahoo! News Network |
2).”Pertimbangannya setelah dihitung dengan terbitnya Keputusan Presiden, akhirnya disepakati dengan DPRD pelantikannya tanggal 15 Oktober nanti,” ujar Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Djohermansyah Djohan kepada Tempo, Ahad 7 Oktober 2012.
Perbaikan
Kata “Keputusan” pada kalimat pertama seharusnya tidak menggunakan huruf kapital, karena tidak berada diawal kalimat.
=> “Pertimbangannya setelah dihitung dengan terbitnya keputusan Presiden, akhirnya disepakati dengan DPRD pelantikannya tanggal 15 Oktober nanti,” ujar Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Djohermansyah Djohan kepada Tempo, Ahad 7 Oktober 2012.
TEMPO.CO , Jakarta
3). “Saya bersama Pak Prjianto bisa memimpin Jakarta seperti sekarang ini, karena bantuan Anda sebagai profesional,” kata Fauzi Bowo saat menggelar coffee morning di Balai Agung, Minggu (7/10).
Perbaikan
Pada kata “coffe morning” seharusnya dicetak miring karena merupakan ungkapan asing
=>”Saya bersama Pak Prjianto bisa memimpin Jakarta seperti sekarang ini, karena bantuan Anda sebagai profesional,” kata Fauzi Bowo saat menggelar coffee morning di Balai Agung, Minggu (7/10).

4). Rangkaian konser promo album kedua bertajuk Forgive Me ini akan berakhir di Aceh, 10 Oktober mendatang. Maher Zain sempat manggung di Tanah Air 2011 lalu. (Vin)
Perbaikan
Pada kata “Forgive Me” seharusnya menggunakan huruf miring karena merupakan ungkapan asing.
=> Rangkaian konser promo album kedua bertajuk Forgive Me ini akan berakhir di Aceh, 10 Oktober mendatang. Maher Zain sempat manggung di Tanah Air 2011 lalu. (Vin)

5). Bagaimanapun dewasa ini pemerintah saya mempunyai dana perwalian dan suatu doktor bisa pekerjaan banyak alternatif ke obat yang modern, misalnya chiropractice, acupunture, aromatherapy, ahli pengobat dengan menggunakan kebatinan (faith healing) reflexology dan hypnotherapy.

Perbaikan
Dewasa ini, pemerintah saya mempunyai dana perwalian yang memungkinkan seorang dokter bisa memadukan pengobatan alternatif dengan obat yang modern seperti, chiropractice, acupunture, aromatherapy, faith healing, eflexology dan hypnotherapy.

KOMPAS.com SABTU, 6 OKTOBER 2012

Pilihan kata
Karena itu, supaya pelemahan institusi KPK juga merupakan serangan terhadap rasa keadilan masyarakat.

Perbaikan
1). seharusnya tanpa menggunakan kata “itu” dan “supaya” karena kurang efektif
2). Penggunaan kata “serangan” memiliki makna perbuatan menyerang (menyerbu), serbuan, pasukan pemerintah berhasil menggagalkan, musuh. Kata tersebut memiliki makna negatif.
=> Karena pelemahan institusi KPK juga merupakan tuntutan terhadap rasa keadilan masyarakat.

3). Senin (8/10) pagi, perwakilan alumni Institut Teknologi Bandung beraudiensi dengan pimpinan KPK guna memberi dukungan dan bersama-sama melawan upaya melemahkan lembaga pemberantas korupsi itu. Demikian antara lain isi siaran pers alumni ITB.
Perbaikan
Pada kalimat terakhir penggunaan “demikian antara lain” kurang tepat
=> Senin (8/10) pagi, perwakilan alumni Institut Teknologi Bandung beraudiensi dengan pimpinan KPK guna memberi dukungan dan bersama-sama melawan upaya melemahkan lembaga pemberantas korupsi itu. Isi siaran pers alumni ITB antara lain:

4). Rekor ini menurut Reuters belum berhenti karena Samsung menggelontorkan banyak dana untuk pemasaran di kuartal ketiga 2012.
Perbaikan
Penggunaan kata “menggelontorkan” kurang tepat digunakan dalam pemilihan kata yang benar
=> Rekor ini menurut Reuters belum berhenti karena Samsung mengeluarkan banyak dana untuk pemasaran di kuartal ketiga 2012.
YAHOO! NEWS

5). Keuntungan dan pencapaian ini ikut mengerek harga saham Samsung. Saham Samsung naik hingga 7,2 persen sejak kekalahan dengan Apple, Agustus lalu. Adapun saham Apple hanya naik 1 persen.

Perbaikan
Penggunaan kata “mengerek” memiliki makna menaikkan atau menurunkan barang dengan kerek (bendera).

=> Keuntungan dan pencapaian ini ikut melibatkan harga saham Samsung. Saham Samsung naik hingga 7,2 persen sejak kekalahan dengan Apple, Agustus lalu. Adapun saham Apple hanya naik 1 persen.
YAHOO! NEWS
Kasus kalimat
Kendati revaluasi yuan hanya 2.1%, tetapi Aslim Tadjudin optimis dampak terhadap kurs rupiah tidak sementara, melainkan bakal berlanjut.

perbaikan
1). Kendati revaluasi yuan hanya 2.1%, tetapi Aslim Tadjudin optimis dampak terhadap kurs rupiah tidak sementara melainkan akan berlanjut.
M Sumber : Jawa Pos 25 Februari 2009.
2). Selama enam bulan pertama 2006, nilai daripada ekspor meningkat pesat terutama produsen komoditas seperti misalnya pertanian, perkebunan, pertambangan, pengangkutan, dan lain-lain.
Perbaikan
Selama enam bulan pertama 2006, nilai ekspor meningkat pesat terutama produsen komoditas. Misalnya pertanian, perkebunan, pertambangan, pengangkutan, dan lain-lain.
M Sumber : Jawa Pos Edisi 27 Juli 2006.

3). Pada hari kamis tanggal 25 Januari 2007 Direktur PT Pelangi Renata Kanaratih Jaya yang berbendera warna merah, kuning, dan hijau meresmikan berdirinya perusahaan yang memproduksi lampu neon.
Perbaikan
Pada kamis 25 Januari 2007 Direktur PT Pelangi Renata Kanaratih Jaya yang berbendera merah, kuning, dan hijau meresmikan berdirinya perusahaan yang memproduksi neon.
Sumber : Jawa pos Edisi 26 Januari 2007.
4). Bus Pariwisata itu melaju dengan sangat kencang, sehingga mengakibatkan terjadinya kecelakaan
Perbaikan
Bus Pariwisata itu melaju dengan sangat cepat, sehingga mengakibatkan terjadinya kecelakaan
M Sumber : Radar Kediri 26 Juni 2009.
5). Semua warga-warga Ds. Sidomulyo berkumpul di depan Balai Desa untuk mencari tahu info tentang kecelakaan antara delman dan truk.
Pembenaran
Semua warga Ds. Sidomulyo berkumpul di depan Balai Desa untuk mencari tahu info tentang kecelakaan antara delman dan truk.
YAHOO! NEWS

Kasus paragrap
1). Ditemani topi pudar penutup kepalanya, Husman bercerita bahwa terkadang ia harus mencari usaha sambilan untuk menambah penghasilannya ketika sepi penumpang. Maklum saat ini penghasilannya terbilang tak banyak, bahkan tidak lagi mencukupi untuk menghidupi keluarga.
“Sekarang saingannya banyak, udah banyak ojek motor (bermesin), sama angkot. Orang-orang juga sekarang sudah punya motor sendiri. Ya, kalo jaman dulu sih ojek sepeda ontel nggak ada saingan.” ujar Husman mengenang.

Pembenaran
Ditemani topi pudar penutup kepalanya, Husman bercerita bahwa terkadang ia harus mencari usaha sambilan untuk menambah penghasilannya ketika sepi penumpang. Maklum saat ini penghasilannya terbilang tak banyak, bahkan tidak lagi mencukupi untuk menghidupi keluarga. “Sekarang saingannya banyak, udah banyak ojek motor (bermesin), sama angkot. Orang-orang juga sekarang sudah punya motor sendiri. Ya, kalo jaman dulu sih ojek sepeda ontel nggak ada saingan.” ujar Husman mengenang.
KOMPAS.com

2). “Aksi tahlil dan doa bersama itu juga kita persembahkan untuk para oknum yang bermaksud mengkerdilkan KPK. Semoga mereka tidak diberikan ketenangan berada di bumi Indonesia,”
terang Adam.

Menurut Adam, berbagai upaya sudah dilakukan oleh oknum yang tidak mau diseret jadi koruptor dan ditahan oleh KPK. “Karenanya, ada upaya pelumpuhan KPK dalam perannya. Hal itu harus dilawan,” katanya.
Adam mengemukan “pengepungan” KPK oleh polisi, merupakan perbuatan yang menyakiti hati nurani rakyat.

Pembenaran
“Aksi tahlil dan doa bersama itu juga kita persembahkan untuk para oknum yang bermaksud mengkerdilkan KPK. Semoga mereka tidak diberikan ketenangan berada di bumi Indonesia,” terang Adam.
Menurut Adam, berbagai upaya sudah dilakukan oleh oknum yang tidak mau diseret jadi koruptor dan ditahan oleh KPK. “Karenanya, ada upaya pelumpuhan KPK dalam perannya. Hal itu harus dilawan,” katanya. Adam mengemukan “pengepungan” KPK oleh polisi, merupakan perbuatan yang menyakiti hati nurani rakyat.
Kompas.Com. sabtu, 6 OKTOBER 2012
3). Ia juga mengajak semua pihak memberikan yang terbaik untuk Jakarta.
“Saya bersama Pak Prjianto bisa memimpin Jakarta seperti sekarang ini, karena bantuan Anda sebagai profesional,” kata Fauzi Bowo saat menggelar coffee morning di Balai Agung, Minggu (7/10).
Pembenaran
Ia juga mengajak semua pihak memberikan yang terbaik untuk Jakarta. “Saya bersama Pak Prjianto bisa memimpin Jakarta seperti sekarang ini, karena bantuan Anda sebagai profesional,” kata Fauzi Bowo saat menggelar coffee morning di Balai Agung, Minggu (7/10).

4). Foke mengatakan, pejabat di lingkungan Pemprov DKI tidak ada kata bersantai di luar jam kerja.
“Karena jam kerja Pemda DKI Jakarta sehari 24 jam, 7 hari seminggu,” ujarnya.
Foke berharap para pejabat tidak berpikiran sempit perihal “keselamatan” jabatan semata.
Serta jangan pernah berpikir Anda bekerja keras untuk bisa bertahan dari jabatan.
Pembenaran
Foke mengatakan, pejabat di lingkungan Pemprov DKI tidak ada kata bersantai di luar jam kerja. “Karena jam kerja Pemda DKI Jakarta sehari 24 jam, 7 hari seminggu,” ujarnya. Foke berharap para pejabat tidak berpikiran sempit perihal “keselamatan” jabatan semata. Serta jangan pernah berpikir Anda bekerja keras untuk bisa bertahan dari jabatan.

5). “Bentuk Jakarta sekarang ini tidak terlepas dari karya-karya Anda semua. Kami hanya menentukan arah kebijakan, Andalah pelaksana strategisnya,” jelasnya.
Prijanto juga meminta maaf atas segala hal yang tidak pantas yang telah dilakukan selama menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI.
“Saya berharap seluruh SKPD terus bekerja menjadikan Jakarta lebih baik lagi di masa yang akan datang,” tambahnya.
pembenaran
“Bentuk Jakarta sekarang ini tidak terlepas dari karya-karya Anda semua. Kami hanya menentukan arah kebijakan, Andalah pelaksana strategisnya,” jelasnya.
Prijanto juga meminta maaf atas segala hal yang tidak pantas yang telah dilakukan selama menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI. “Saya berharap seluruh SKPD terus bekerja menjadikan Jakarta lebih baik lagi di masa yang akan datang,” tambahnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s